Jumat, 28 Oktober 2011

Air Dalam Kehidupan

Peradaban manusia berjaya mengikuti sumber air. Mesopotamia yang disebut sebagai awal peradaban berada di antara sungai Tigris dan Euphrates. Peradaban Mesir Kuno bergantung pada sungai Nil. Pusat-pusat manusia yang besar seperti Rotterdam, London, Montreal, Paris, New York City, Shanghai, Tokyo, Chicago, dan Hong Kong mendapatkan kejayaannya sebagian dikarenakan adanya kemudahan akses melalui perairan.

Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan.[12] Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air. Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8–10 gelas (sekitar dua liter) per hari, namun hasil penelitian yang diterbitkan Universitas Pennsylvania pada tahun 2008 menunjukkan bahwa konsumsi sejumlah 8 gelas tersebut tidak terbukti banyak membantu dalam menyehatkan tubuh. Malah kadang-kadang untuk beberapa orang, jika meminum air lebih banyak atau berlebihan dari yang dianjurkan dapat menyebabkan ketergantungan. Literatur medis lainnya menyarankan konsumsi satu liter air per hari, dengan tambahan bila berolahraga atau pada cuaca yang panas

Fakta Lingkungan Hidup : Air Yang Semakin Hilang
§ Lebih dari 75% permukaan bumi diselimuti air,dimana 75% air tersebut terdiri atas air laut (air asin),air danau,air tanah,air es (gletser) dll. Tetapi Air yang dapat dipakai untuk minum di seluruh dunia hanya 0.007%. Sedangkan seluruh penduduk bumi yang jumlahnya saat ini sudah mencapai 7.000.000.000 (7 miliar) penduduk.
§ 80% air bumi adalah air permukaan. 20% lainnya adalah baik air tanah atau uap air atmosfer. Dari semua air di bumi, hanya 2,5% air tawar. Lebih dari 90% dari pasokan air tawar dunia terletak di Antartika.
§ Jumlah air di bumi sama seperti pertama kali terbentuk. Jumlah keseluruhan air di planet kita masih tetap sama selama 2 miliar tahun. Jadi Air yang anda minum bisa jadi berisi molekul air yang diminum Gajah Mada.
§ Dalam waktu 100 tahun, sebuah molekul air menghabiskan 98 tahun di laut, 20 bulan seperti es, sekitar 2 minggu di danau dan sungai, dan kurang dari seminggu di atmosfer.
§ Air adalah satu-satunya substansi yang ditemukan secara alami di bumi dalam 3 bentuk: cair, gas, padat.
§ 25% air dalam rumah tangga dipakai untuk membilas (flush) kloset. 2/3 dari air yang digunakan di rumah digunakan di kamar mandi.
§ Kita akan lebih dahulu kehabisan air dibandingkan kehabisan minyak bahan bakar
§ Kekurangan air membuat panen bahan makanan berkurang sehingga dapat berakibat kenaikan harga makanan
§ Setiap hari, matahari menguapkan 1 triliun ton air. 1 pohon akan mengeluarkan 265 liter (70 galon) air per hari dalam penguapan. Satu acre jagung akan mengeluarkan 15.000 liter (4.000 galon) air per hari dalam penguapan.
§ 16.000 liter Air yang digunakan untuk memproduksi 1 kg daging (1 kg nasi perlu 3.400 liter, 1 kg daging ayam 3.900 liter, 1 kg daging babi 4.800 liter, 1 buah hamburger 2.400 li-ter).77 juta ton Protein nabati yang dapat dimakan manusia tetapi diberikan ke ternak. Sebaliknya, ternak hanya memberi 58 juta ton protein untuk manusia. 60 miliar hewan yang digunakan untuk memproduksi daging serta produk-produk susu setiap tahunnya. Sedangkan populasi manusia saat ini sekitar 6,7 miliar.465 juta ton Kebutuhan daging dunia tahun 2050, dua kali lipat dari kebutuhan tahun 1990, 229 juta ton 1.043 juta ton Kebutuhan susu dunia tahun 2050, bandingkan dengan 580 juta ton di tahun 1999
§ Air dalam kemasan dibedakan berdasarkan sumbernya. Ada purified water yang berasal dari air keran yang melewati proses penyaringan, spring water atau mata air yang berasal dari aquifer (lapisan batuan penyimpan air) dan artesian water yang diambil dari sumber air jauh di dalam tanah. Terakhir, ada mineral water yang diambil dari bawah tanah tapi kandungan mineralnya lebih tinggi dibandingkan spring water. Rasa boleh beda tapi selama produk air minum terdaftar dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), semua aman
Fakta Air Dalam kehidupan
§ 75% dari ayam adalah air. 80% dari nanas adalah air. 95% dari tomat adalah air. 70% dari gajah adalah air.
§ Jumlah total air dalam tubuh orang dewasa rata-rata adalah 37 liter.
1. Otak manusia adalah air 75%.
2. Tulang manusia adalah 25% air.
3. Darah manusia adalah air 83%.
§ Minum terlalu banyak air dapat menyebabkan keracunan air. Keracunan air terjadi ketika air mencairkan tingkat natrium dalam aliran darah dan menyebabkan ketidakseimbangan air di otak. Keracunan Air kemungkinan besar terjadi selama periode kinerja atletik intens.
§ Biarpun minum air dengan rasa buah memang lebih baik daripada tidak minum sama sekali, air putih tetap yang paling baik buat tubuh karena bebas kalori (FYI, 600 ml air dengan rasa buah punya lebih banyak kalori dibandingkan sekaleng soda). Tidak suka air putih? Pilih rasa buah yang mengandung kurang dari 10 kalori per botol
§ Manusia butuh butuh delapan gelas air dalam sehari supaya tetap sehat tapi sebenarnya kebutuhan ini tergantung pada ukuran tubuh, beratnya aktivitas yang dijalani dan suhu lingkungan sekitarmu. Kebutuhan air dalam tubuhmu sudah tercukupi jika air senimu berwarna kuning pucat dan kamu tidak merasa haus (kehausan adalah tanda dehidrasi).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar