Rabu, 23 November 2011

Aku ingin menjadi...


Aku ingin menjadi seseorang yang bisa memberikan manfaat bagi kehidupan orang lain, bisa memberikan sesuatu yang mampu menghadirkan kebahagiaan bagi orang lain, membuat perubahan kearah yang lebih baik. Setiap perjalanan hidup yang kutempuh akan selalu kupetik sebuah pelajaran yang akan membawaku pada kearifan dalam memaknai hidup, belajar tentang hidup dan kehidupan. Belajar tentang arti dari rasa syukur yang kupersembahkan kehadirat Nya. Merasakan halusnya sentuh tangan Illahi Rabbi yang sama sekali tiada bandingnya.
Aku ingin menjadi seorang manusia yang diharapkan kehadirannya dalam setiap momen karena kewibawaan dan kebijaksanaanku dalam memandang setiap problema yang mereka hadapi. Dengan integritas yang aku miliki, aku tidak hanya berbicara tentang sebuah kebajikan, tetapi juga akan lebih banyak bertindak dengan penuh keikhlasan dan hanya mengharapkan keridhoanNya.
Aku ingin menjadi orang yang bisa memandang materi bukan sebagai sebuah orientasi akhir dari begitu banyak perbuatan dan tindakan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi materi hanyalah salah satu cara dan sarana untuk bisa mempertahankan hidup, bukan membahagiakan hidup. Oleh karena itu, kuingin dalam hidup ini, aku bisa memberi sebanyak-banyaknya, bukan sebagai sebuah kewajiban tapi sebuah kebutuhan yang membawaku kepada kebahagiaan yang hakiki.
Dan di bangku kuliah inilah kumulai belajar tentang makna hidup yang sebenarnya. Tentang perjuangan, belajar, bermasyarakat, berorganisasi dan berprestasi. Itu semua bukanlah sesuatu yang bisa dilewati begitu saja, karena itu semua adalah tujuanku ada disini jauh dari kampung halaman. Dengan landasan keikhlasan dan karena Allah swt.
Kuinginkan selama empat tahun kuliah ini, aku menjadi seorang mahasiswa teladan yang berprestasi, yang berintegritas tinggi. Selama setahun kedepan aku akan berusaha untuk bisa lulus dari TPB dengan IP besar atau sama dengan 3,5. Dengan nilai maksimal hanya ada dua mata kuliah dengan indeks B dan masuk Mikrobiologi.
Selama tahun kedua dan ketiga dibangku kuliah, aku akan mempertahankan IP ku, dan bahkan meningkatnya. Aku akan aktif dalam olimpiade dan lomba-lomba ilmiah lainnya yang sesuai dengan jurusanku. Karena sejak SMA aku selalu termotivasi dengan nama olimpiade. Aku pun akan bergerak aktif dalam organisasi kemahasiswaan sebagai wujud seorang mahasiswa yang tak hanya bisa bergerak secara individual, tapi juga akan lebih kuat jika bertindak bersama. Disini aku akan bergerak dibidang jurnalistik, yang akan meliput seputar masalah bangsa yang terkait dengan kehidupan mahasiswa dan masyarakat. Selain itu, aku akan menjadi seorang asisten dosen dan tenaga pengajar di lembaga pendidikan di Bandung mata pelajaran Biologi. Hal ini adalah salah satu rencana hidupku, langkah ini kuambil karena hal ini akan melatihku bagaimana menjadi seorang dosen dan motivator yang baik.
Dosen adalah pilihanku, karena kuingin ilmu yang kumiliki mengalir dan bermanfaat bagi generasi selanjutnya dan mudah-mudahan dengan ilmu yang ku bagi, bisa menghasilkan sesuau yang bisa memberikan semangat bagi orang banyak, terutama bangsa Indonesia. Dengan prestasi yang kuperoleh selama tahun kedua dan ketiga, ku ingin menjadi mahasiswa utusan ke luar negeri untuk melakukan sejumlah riset dan penelitian. Dan pada tahun keempat, aku akan menulis sebuah skripsi yang bertemakan lingkungan. Dengan di wisuda 4 tahun pas, mudah-mudahan aku lulus dengan predikat cum laudedan mendapat beasiswa S2 ke luar negeri (spt : Jepang, Prancis, Jerman).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar